Tak Berkategori

Sejumlah Pemilik Media Di Rohil Satukan Persepsi, Sepakat Bentuk Organisasi Lokal

(Lensa86.com) Rohil – Sejumlah pemilik media atau perusahaan pers di Rokan Hilir (Rohil) bersepakat mendirikan organisasi yang merupakan wujud dari kebiasaan berpendapat dan bersuara serta pentingnya pengawasan bagi kekuasaan, baik eksekutif, yudikatif maupun legislatif maka jurnalisme dan pers menjadi bagian yang tak terpisahkan sebagai lembaga kontrolnya.

“Ya tadi saya dan kawan-kawan sejumlah puluhan orang kami yang merupakan Pemilik Perusahaan Pers di Daeah bersepakat mendirikan lembaga atau Organiasi. “kata, Azmi, yang merupakan pemilik media cetak dan media online wawasan riau kepada wartawan saat dikonfirmasi, Selasa (13/03/2023).

Dikatakan, bahwa Organiasi yang dibentuk ini nantinya merupakan organisasi yang independen dan berbadan hukum, yang menggagas terwujudnya pers dan jurnalisme yang merdeka, berbasis kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

“Ketika resmi dibentuk, kita upayakan Organiasi ini nantinya dapat pengakuan pemerintah dan seluruh stakeholders terhadap jurnalistik media online dan media baru sebagai jurnalistik dan media pers yang setara satu sama lain dengan segala bentuk dan jenis media jurnalistik yang ada dikancah Nasional. ” ujarnya.

Meski organisasi lokal tapi harus mencerminkan organisasi yang berdaulat (eksis, administratif, dan sah secara hukum), para anggota dan pengurus, adalah orang yang memegang kendali penuh pemberitaan di medianya, tanpa pengaruh, bebas campur tangan (berdaulat secara pribadi dan profesi).

Ia juga mengatakan kalau baiknya akan mengusulkan moto perjuangan dengan terwujudnya kemerdekaan pers, sebagaimana amanat UUD 1945 dan UU yang menyertainya serta membangun jalinan kerja sama, membangun jaringan yang positif dengan pemerintah, legislatif, para pihak lembaga hukum, kalangan swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan seluruh elemen bangsa, yang diperlukan untuk mendorong tercapainya tujuan organisasi.

“Selain itu kita juga mendorong perlakuan yang sama dari pemerintah dan semua pihak, terhadap semua jenis kegiatan jurnalistik, dan media jurnalistik sebagai media pers yang setara, mempunyai hak dan kewajiban yang sama, tanpa diskriminasi. ” katanya lagi.

Tambahnya lagi, Para pengurus, dan seluruh anggota, bersikap independen baik dalam pemberitaan, dalam mengelola media, dimana pers dan para wartawan bekerja dan bertugas di sana. “pungkasnya. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *