Gesa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Diskominfotik Rohil Luncurkan Inovasi Terbaru

lensa86.com || Rohil-Dinas Komunikasi Informatika Statistik (Diskominfotiks) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) baru saja menyelesaikan inovasi terbaru dalam mewujudkan layanan pemerintahan digital yang lebih efektif dan efisien.

Inovasi tersebut dengan meluncurkan Portal SPBE dimana para pengguna dapat mengakses layanan pemerintahan elektronik secara otomatis dalam satu aplikasi berbasis web.

“Atas perintah langsung Bapak Bupati Rohil Afrizal Sintong, S.IP, M.Si kepada kami Dinas Kominfo, agar seluruh OPD tanpa kecuali menjalankan layanan secara digital maka kami langsung bekerja keras melaksanakan tugas yang beliau berikan. Kami kembali menciptakan inovasi agar layanan elektronik OPD menjadi hanya dalam satu kali akses,” kata Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH saat dikonfirmasi, Sabtu (5/8/2023).

Indra menerangkan, program ini disebut sebagai one stop klik, artinya hanya dengan satu kali klik maka seluruh pengguna layanan ini nantinya baik pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat dapat mengklik link portal.rohilkab.go.id dan seluruh website serta aplikasi layanan elektronik organisasi perangkat daerah akan muncul dan tinggal memilih informasi dinas atau layanan apa yang dibutuhkan.

“Maka aplikasi ini akan langsung terhubung dengan layanan yang dituju. Sehingga lebih tepat dan cepat tanpa harus mencari lagi satu orang dan bertanya di tiap dinas instansi karna semuanya sudah ada disini,” paparnya Indra.

Sistem Pemerintahan berbasis elektronik ini kata Indra lagi, sesuai dengan keinginan Bupati Rohil untuk meningkatkan pelayanan publik pada masyarakat dan seluruh warga Rokan Hilir dan membumikan era digital yang sudah menjadi kebutuhan saat ini. Sehingga, masyarakat akan terbiasa menggunakan teknologi digital dalam mengumpulkan bersama pemerintah daerah.

“Kami akan segera mengirim surat ke seluruh OPD untuk bersama-sama menggunakan portal online ini. Mohon dukungan dan kerjasama seluruh pemangku kepentingan demi percepatan transformasi digital Rohil,” pintanya.

Indra menambahkan, aplikasi ini juga menyediakan fitur online Livechat dengan petugas help desk dari dinas Kominfo yang siap melayani dan merespons keluhan jika terdapat laporan gangguan terhadap layanan elektronik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *