Diikuti Seluruh TP PKK Kecamatan, Bupati Rohil Buka Lomba Memasak Serba Ikan

lensa86.com || Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si secara langsung membuka lomba memasak serba ikan yang ditaja Dinas Perikanan dan diikuti seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan, Selasa (22/8/2023).

Lomba memasak serba ikan yang diselenggarakan di samping kantor Dekranasda tersebut dihadiri Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Ketua PKK Sanimar Afrizal, para Kepala OPD, Kabid Perikanan Provinsi Riau Wiwik Puji Rahayu, Kapolsek Bangko, para Camat dan berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa, dengan perlombaan memasak itu secara bersama – sama berkumpul dan memadupadankan tekad dan niat kita untuk memajukan kesejahteraan kabupaten Rokan Hilir melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi.

Sebab kata Bupati, untuk membangun sesuatu yang besar tentunya harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu. Demikian juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga.

“Sebagai mana kita ketahui bersama, keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang merupakan komponen utama dalam hal penyediaan sumberdaya manusia yang unggul dan kompetitif, yang akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya apa yang telah dicita-citakan oleh pendiri negara ini,” kata Bupati.

Untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter terang Bupati, maka pembangunan dan pembinaan fisik dan mental haruslah dimulai dari keluarga.

“Agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan dimasa yang akan datang, maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat saja yang diperlukan tetapi juga mempunyai mental dan perilaku atau akhlak yang baik. asupan yang sehat dan bergizi bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak kehalalan makanan sangat berpengaruh terhadap mental dan perilaku atau akhlak anak,” paparnya.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di kabupaten Rokan Hilir tambah Bupati, maka membudayakan makan ikan dikalangan anak – anak dan generasi muda adalah satu keharusan. melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman dan sehat dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

Dimana sambung Bupati, salah satu implementasi gemarikan adalah melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secar berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

“Terkait lomba menu, kita semua sama- sama menyadari bahwa konsumsi sehari-hari kita senantiasa dikaitkan dengan protein. karena protein merupakan unsur pembangun dari ketiga triguna makanan,” jelasnya.

WNPG (Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi) merekomendasikan angka kecukupan gizi perkapita perhari = 57 gram protein per kapita perhari yang harus kita penuhi. Selain sumber protein, berdasarkan penelitian ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

“Untuk menjadikan ikan sebagai menu sehari-hari kita, tentunya dibutuhkan kreativitas agar ikan yang kita konsumsi, setidaknya memenuhi standar dan norma angka kecukupan gizi, disajikan secara
segi rasa yang enak dan higines, ” katanya.

Bupati berharap, dengan kegiatan lomba menu berbahan dasar ikan, mudah-mudahan dapat dijadikan wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Perikanan Rohil yang telah menyelenggarakan lomba Memasak Serba Ikan tersebut. Ia juga meminta agar dewan juri bekerja secara profesional dalam memberikan penilaian terhadap peserta lomba.

Setelah melalui proses dan penilaian yang panjang, akhirnya lomba memasak serba ikan dimenangkan oleh Juara l Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Juara ll Kecamatan Rimba Melintang serta Juara lll Kecamatan Tanah Putih.

Sementara juara harapan l diraih oleh Kecamatan Simpang Kanan, harapan ll Kecamatan Kubu Babusalam dan harapan lll Kecamatan Bagan Sinembah Raya.

Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pemenang lomba memasqk serba ikan dan berharap kedepan terus ditingkatkan setiap tahunnya.

“Juara l lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Rohil nantinya akan menjadi perwakilan Rohil untuk mengikuti lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Riau,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *