Melalui Musabaqoh Tilawatil Qur’an Menuju Rokan Hilir Religious

Lensa86.com || ROKAN HILIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir dipimipin oleh bupati Afrizal Sintong,  SIP, M.Si dan Wakil Bupati H. Sulaiman, SS., MH terus berupaya mengembangkan program di bidang keagamaan menuju Rokan Hilir religious. 

Program keagamaan tersebut seperti kegiatan lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Rokan Hilir. 

Untuk tahun 2023 ini kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XVlll tingkat Kabupaten Rohil digelar di lapangan MTQ taman Budaya Batu Enam, Bagansiapiapi, Minggu (17/12/2023) malam.

Pembukaan MTQ ke XVIII Tingkat Kabupaten Rohil itu tampak dihadiri Asisten l Pemprov Riau Masrul Kasmy, MUI Provinsi Riau, Wakil Bupati H Sulaiman SS MH bersama istri, Ketua DPRD Rohil, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Pasiter Kodim 0321 Rohil Kapten Inf Sudarwanto, Kapolsek Bangko Kompol Ihut M.T Sinurat, para Asisten, Ketua PKK Sanimar Afrizal, instansi Vertikal, Dirut BUMD Rahman, para Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, OKP dan berbagai unsur lainnya. 

Pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan kepada Alquran dalam rangka membangun kepribadian masyarakat yang berakhlakul karimah, meningkatkan silaturahmi dan terjalinnya ukhuwah islamiyah serta untuk menyeleksi peserta yang akan di ikutkan pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di kota Dumai tahun 2024 mendatang.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten l  Masrul Kasmy saat menyampaikan sambutannya Ia mengaku sangat takjub dan memberikan apresiasi kepada Pemda Rohil atas pelaksanaan MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten Rohil. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama pejabat lainnya membuka secara resmi MTQ tingkat Kabupaten Rohil tahun 2023 

“Kami menilai pelaksanaan MTQ yang paling rapi yang pernah diadakan. Bahkan rasanya seperti pembukaan MTQ tingkat Provinsi, ” katanya.

Masrul Kasmy menyebutkan bahwa MTQ senantiasa memiliki daya tarik dalam kehidupan masyarakat dan menjadi syiar keagamaan yang efektif.

Penyelenggaraan MTQ kabupaten yang setiap tahun dilaksanakan lanjutnya, tidak semata-mata untuk kompetisi atau berlomba untuk membaca Alquran. Namun lebih dari itu, diharapkan MTQ ini dapat mengedukasi masyarakat untuk mencintai dan memahami serta mengamalkan ajaran Alquran dan meningkatkan kesadaran beragama serta memperkuat ukhuwah islamiyah.

“Pelaksanaan MTQ senantiasa menumbuhkan cinta dan meningkatkan serta menggairahkan masyarakat mempelajari dan memahami Alquran sebagai pedoman hidup. Oleh karena itu, pada kesempatan ini atas nama pemerintah provinsi Riau kami menyampaikan apresiasi atas pembukaan MTQ tingkat kabupaten Rokan Hilir,” katanya.

Dengan semua persiapan yang dilakukan Pemda Rohil dalam pelaksanaan MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten itu, Masrul Kasmy meyakini Kabupaten Rohil akan dapat kembali meraih juara umum pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan diselenggarakan di Kota Dumai. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyerahkan piala bergilir

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan pembukaan MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten Rohil tersebut. 

Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ini terang Bupati, juga menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan peserta yang akan menjadi utusan Kabupaten Rohil pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan diselenggarakan di kota Dumai pada tahun 2024 mendatang. 

“Malam ini semua kecamatan mengirimkan peserta, selaku pemerintah daerah kami sangat berbangga dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh camat,” ucap Bupati. 

Bupati menerangkan, saat menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2022 yang lalu, Kabupaten Rohil mampu meraih juara umum meski dengan persiapan yang begitu terbatas. Namun, pada saat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu, Rohil hanya mendapatkan juara lll.

Untuk itu, Bupati meminta agar semua pihak mematangkan seluruh persiapan untuk menghadapi perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan diselenggarakan tahun 2024 di Kota Dumai. Bupati menegaskan, Kabupaten Rohil harus mampu untuk kembali meraih juara umum.

“Alhamdulillah pembukaan telah kita laksanakan, semua yang terbaik pada MTQ tingkat Kabupaten ini akan kita kirim untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau di Dumai,” pungkasnya. (Advetorial) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *