Bupati Afrizal Sintong : Pulau Jemur Merupakan Salah Satu Icon Rohil Dibidang Pariwisata

Lensa86.com || ROKAN HILIR- Alih bina pengelolaan dan pengawasan Pulau Jemur selama ini dibawah Lanal Tanjung Balai Asahan, Propinsi Sumatra Utara (Sumut). Kini secara resmi di kembalikan alih bina pengelolaannya ke wilayah Riau dibawah pengelolaan Lanal Dumai.

Penyerahan alih bina pulau terluar itu disaksikan secara langsung oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, Selasa (19/12/2023). 

Hadir dalam penyerahan alih bina pengelolaan dan pengawasan Pulau Jemur tersebut, Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha, S.E., M.Tr.Opsla Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan dan Lanal Dumai Priatno.

Pada kesempatan itu juga sekaligus dilakukan serah terima pengelolaan dari Letda Laut (P) Nelson Tamba, Pgs selaku Danposal Pulau Jemur yang lama Kepada Letda Laut (P) A Risman selaku Danposal Pulau Jemur yang baru.

Bupati Afrizal Sintong mengungkapkan, sejak tahun 2017 lalu pengelolaan Pulau Jemur dibawah Lanal Tanjung Balai Asahan. Dengan telah dilakukan nya serah terima tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong berharap Pulau Jemur bisa semakin terjaga dengan lebih baik lagi kedepannya.

“Tentunya kami pemerintah daerah siap membantu dan memberikan support kepada Lanal Dumai karena bagaimanapun juga daerah ini merupakan daerah Rokan Hilir,” sebutnya.

Bupati mengungkapkan Pulau Jemur merupakan salah icon daerah Rokan Hilir dibidang pariwisata. Dia berharap dengan pengelolaan yang baik kedepannya Pulau Jemur menjadi salah satu tujuan masyarakat luar untuk berwisata ke Rohil.

Danlanal Tanjung Balai Asahan Wido mengatakan, Pulau Jemur yang berada di selat Malaka merupakan wilayah yang strategis bagi Bangsa Indonesia. Selain itu, Pulau Jemur juga menjadi tempat budidaya tukik atau penyu.

“Saya harap dengan setelah alih bina kan ke Lanal Dumai, program program yang ada dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan,” harapnya.

Sementara itu Danlanal Dumai Priatno mengatakan pihaknya menyambut dengan antusias alih bina pengelolaan Pulau Jemur tersebut. Dikatakannya pihaknya akan melanjutkan program yang ada baik itu bidang pertahanan negara maupun budidaya penyu dan lainnya.

“Kami juga berterimakasih atas kedatangan Bupati Rokan Hilir, kami harap kedepannya peran serta Pemda Rohil untuk membantu pengembangan pulau jemur kedepan nya,” harap nya. (Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *